Derita Para Pasien Wasir, Keluar Darah saat BAB Hingga Tak Bisa Duduk

Derita Para Pasien Wasir, Keluar Darah saat BAB Hingga Tak Bisa Duduk

 Cara Mengobati Wasir Stadium 4
Derita Para Pasien Wasir, Keluar Darah saat BAB Hingga Tak Bisa Duduk,- Tampaknya sepele tapi sakitnya cukup mengganggu, itulah wasir. Gara-gara wasir seseorang bisa begitu menderita dan tidak konsentrasi menjalani harinya. Ada yang kesakitan saat buang air besar (BAB) sehingga tidak tuntas, hingga tidak bisa duduk.

"Waktu BAB, saya pernah sampai mengeluarkan darah dan anus terasa sakit dan mengganjal. Saat periksa ke dokter, ternyata saya wasir. Rasanya memang benar-benar nggak nyaman. Saat duduk, saya harus sedikit mengangkat panas saya. Karena kalau anusnya menyentuh kursi langsung, rasanya sakit," tutur Ari yang terkena wasir sejak beberapa tahun lalu.

Karena sakit mengejan saat buang air besar, alhasil kerap kali Ari tidak tuntas kala buang hajat. Dia harus meringis-ringis saat keluar dari toilet. Untunglah salep dari dokter yang dioleskan ke anusnya cukup membantu. Setelah beberapa kali diolesi salep, sakitnya mereda dan hilang sama sekali. "Makanya ke mana-mana sekarang saya bawa salep itu," ucapnya.

Wasir juga dialami Ihsan Ramadhan. dia menuturkan awalnya dia merasa sakit saat buang air besar. Namun dia tidak terlalu ambil pusing keluhan itu karena berpikir ukuran kotorannya yang besar dan keraslah penyebab dia sakit saat buang air besar. Namun lebih dari dua pekan rasa sakit itu tidak juga hilang.

"Saya mencari-cari di internet tentang sakit ini. Saya mengambil kesimpulan mungkin saya terkena wasir. Saya pun langsung membeli obat wasir di supermarket terdekat," kata Ihsan.

Dia memutuskan tidak berobat ke dokter, karena menurut informasi yang didapatnya di internet, wasir yang dialaminya belum terlalu parah. Hal itu diyakininya karena tidak ada tonjolan apapun di anusnya. Selain itu Ihsan khawatir langkah penyembuhan medis akan menyakitkan.

"Jadi saya awal merasakan sakit sekitar 2 minggu. Lalu saya minum obat yang saya beli selama hampir seminggu. Karena tidak ada perubahan saya berhenti minum obat. Jadinya saya diamkan saja. Jadi totalnya saya sekitar 3 bulan terkena wasir, dan merasakan sakit saat buang air besar maupun setelah buang air besar. Jadi sakitnya tidak hanya saat buang air besar. Sehabis buang air besar pun kadang saya harus berdiri beberapa saat sampai sakitnya hilang, karena lebih nyaman berdiri daripada duduk ketika sedang sakit," papar Ihsan.

Baca juga: Obat Wasir

Inke Christine juga punya pengalaman dengan wasir. Mulanya dia merasa sakit di sekitar lubang anus. Saat BAB, dia juga beberapa kali mengeluarkan darah. Saat menceritakan masalahnya pada seorang dokter, dokter tersebut mengatakan ada peradangan. Tak kunjung reda, Inke pun mengunjungi dokter lainnya dan menceritakan keluhannya.

"Lalu dokter memeriksa saya dengan memasukkan jari tangannya ke lubang anus saya, dengan sudah memakai sarung tangan karet sebelumnya. Ternyata dokter bilang saya terkena ambeien," terang Inke.

Dokter kemudian memberikan obat oral dan obat oles untuk anusnya. Sekitar hampir dua minggu setelah dari dokter, Inke sudah tidak merasakan sakit.

Kata Dokter

Konsultan bedah digestif (saluran cerna) dan laparoskopi RSUP Persahabatan dan RS Premier Bintaro, dr Errawan Wiradisuria, SpB-KBD, M.Kes, menjelaskan gejala awal wasir adalah terasa ada yang mengganjal. Sakit timbul ketika telah memasuki derajat tiga dan derajat empat. Hal ini dikarenakan ada pembuluh darah yang mengeras dan darah beku. 

"Sehingga menyumbat pembuluh darah yang ada di bantalan. Jika pembuluh darah di bantalan terdapat trombus maka akan terasa sakit. Karena kan lubang anus kita kecil. Jadi kalau poop-nya besar dan keras makin terasa sakit," terangnya.

"Keluhan dari pasien yang pasti tidak merasa nyaman karena ada benjolan. Sakitnya karena kejepit dan yang bikin sakit trombus," imbuhnya.

Sementara dokter umum yang berpraktik di RS DR Soetomo Surabaya, dr Meta Hanindita, gejala wasir beraneka ragam. Bisa dimulai dari anus yang terasa gatal, nyeri pada anus saat duduk/BAB, keluar darah merah segar saat BAB, sampai terasa adanya benjolan di sekitar anus.

"Keluhannya pun beragam. Hanya saja biasanya penderita wasir baru datang ke dokter kalau sudah keluar darah merah segar saat BAB. Mungkin malu ya," ucapnya.