Bahaya Melakukan Anal Seks Bagi Kesehatan

Bahaya Melakukan Anal Seks Bagi Kesehatan

 Cara Mengobati Wasir Stadium 4
Mungkin ada sebagian orang yang bertanya, berbahayakah melakukan hubungan seksual melalui anus ataupun dubur? Banyak pasangan yang melakukan ini dengan alasan demi sebuah keinginan untuk mendapatkan sebuah variasi dalam hubungan seks. Hubungan seksual yang normal tentu saja adalah dengan cara yang wajar, yaitu penetrasi Mr. P ke dalam Mrs. V. Akan tetapi, beberapa pasangan kadang-kadang ingin mencoba berbagai variasi lain, misalnya saja hubungan seksual lewat belakang atau lewat dubur. Timbul sebuah pertanyaan, berbahayakah hubungan seks dengan cara seperti itu?

Jawabnya jelas, selain agama melarangnya, ternyata dari sisi kesehatan juga mempunyai dampak yang cukup fatal. Hal itu karena dubur merupakan bagian organ tubuh yang fungsinya untuk untuk mengeluarkan tinja dan bukan untuk melakukan hubungan seksual. Oleh sebab itu, strukturnya juga sangat berbeda dengan struktur vagina. Karena strukturnya yang sangat berbeda itulah, jika sebuah hubungan seksual yang dilakukan lewat anus dapat menimbulkan beberapa masalah yang cukup serius. Berikut bahaya anal seks yang fatal bagi kesehatan:
  • Anus Mudah Luka

Berbeda halnya dengan vagina, anus tentu saja tidak memiliki sistem pelumasan. Selain itu, bagian dinding anus juga mempunyai lapisan yang lebih tipis. Oleh sebab itu, ketika terjadi penetrasi, mudah sekali terjadi perlukaan. Efek yang serius dari perlukaan dinding dubur tersebut adalah mudahnya penyebaran penyakit menular seksual atau PMS. Virus HIV juga terbukti 30 kali lebih mudah menular dengan seks anal. Selain virus HIV, juga bisa terjadi penyebaran virus kutil kelamin, penyebaran virus hepatitis, virus herpes dan lain-lain.

  • Kerusakan Otot Anus

Muara anus dikelilingi oleh lapisan otot melingkar yang sering disebut dengan  otot sfingter anal. Otot
ini fungsinya untuk menjaga muara anus agar tetap tertutup dan baru akan terbuka pada saat buang air besar. Hubungan seks melalui anus bisa menyebabkan kerusakan pada bagian otot sfingter anal tersebut, sehingga kemampuan buka tutup anus dapat terganggu. Hal ini nantinya akan berakibat buruk untuk proses buang air besar.
  • Infeksi Oleh Bakteri Penghuni Anus

Secara normal, anus manusia dihuni oleh berbagai bakteri yang dapat membantu tubuh untuk proses penghancuran sisa makanan. Pada hubungan seksual dengan seks anal, bakteri ini akan menimbulkan infeksi, baik itu pada anus sendiri ataupun pada alat kelamin pasangannya. Selain itu, bakteri juga bisa menyebar ke bagian vagina atau mulut apabila penetrasi vagina ataupun oral dilakukan setelah terjadinya penetrasi anal. Penyebaran ke dalam vagina misalnya, dapat menyebabkan suatu infeksi vagina dan juga saluran kencing.
  • Perdarahan

Pada hubungan seks secara anal dapat terjadi cedera yang akibatnya dapat menimbulkan perdarahan. Cedera itu mungkin saja terjadi akibat robeknya bagian dinding anus ataupun rektum. Atau bisa juga karena robeknya wasir (ambeien). Setelah mengetahui bahaya anal seks yang fatal bagi kesehatan tersebut, sebaiknya pasangan suami istri menghindarinya agar di kemudian hari tidak terjadi masalah kesehatan yang serius.

Posted by: Obat Wasir